Larangan Selfie Di Masjid an-Nabawi dan al-Haram

Di pertengahan bulan November 2017, berita mengenai larangan selfie di dalam lingkungan Masjid an-Nabawi di Madinah dan Masjid al-Haram di Mekkah bersirkulasi di berbagai media berita online. Tetapi pengumuman resmi untuk publik yang berasal dari pemerintah Arab Saudi sendiri sepertinya tidak ada.

Jakarta Post memberitakan bahwa larangan selfie tersebut dikomunikasikan ke utusan-utusan asing yang berada di Arab Saudi. Kedubes Indonesia di Riyadh dilaporkan telah menerima pesan larangan selfie itu dalam sebuah surat pada tanggal 15 November 2017. Akan tetapi, seperti yang dilansirkan oleh Bernama, Malaysia's Pilgrims Fund Board mengatakan bahwa mereka belum menerima pesan seperti itu dan akan segera memberitahukan ke jamaah Haji mereka jika telah menerima pesan resmi (hingga saat ini belum ada berita mengenai larangan selfie di website mereka).

Menurut Daily Sabah, larangan selfie telah efektif berlaku mulai tanggal 12 November 2017.

Sepertinya larangan ini tidak terbatas untuk sekedar selfie, tetapi juga melarang pengambilan foto dan juga video di kedua masjid tersebut. Para penjaga keamanan masjid telah diinstruksikan untuk menyita foto dan kamera video jika ada yang melakukan pelanggaran terhadap larangan selfie tersebut.

Sumber: