Kereta Super Cepat Antara Madinah dan Mekkah

Jalur kereta api cepat yang menghubungkan Mekkah dan Madinah rencananya akan dibuka pada bulan Maret 2018. Nama kereta api pada jalur tersebut adalah Haramain Express.

Tidak hanya berhenti di Mekkah dan Medinah, Haramain Express juga akan memiliki stasiun pemberhentian di kota Jeddah dan Rabigh.

Panjang jalur kereta Haramain Express adalah 450KM dan nantinya akan ada 35 unit kereta dengan kapasitas 417 penumpang per kereta. Dengan kapasitas tersebut, diharapkan dapat mengangkut sekitar 166 ribu penumpang setiap harinya.

Dengan menggunakan kereta super cepat ini, para jemaah Haji dan Umrah dapat mempercepat waktu perjalanan dari Madinah ke Mekkah yang biasanya memerlukan waktu sekitar 6 jam dengan bis menjadi sekitar 2 jam saja.

Stasiun pemberhentian Haramain Express di Mekkah berada di jalan masuk utama ke kota Mekkahm yaitu di daerah Al-Rusaifah. Stasiun ini terletak 3KM dari Masjidil Haram.

Stasiun pemberhentian Haramain Express di Madinah berada di Knowledge Economic City, sekitar 10KM dari Masjid Nabawi.

Sementara itu di Jeddah akan terdapat 2 stasiun yaitu di Sulaymaniyah dan Airport King Abdul Aziz. Di Rabigh, stasiun berada di dekat Universitas King Abdullah for Science and Technology.