Berhaji di Masa Depan

Haji

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi berencana akan menerapkan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan di tahun 2030 untuk mempermudah Haji dalam menjalankan ibadahnya selama di tanah suci. Semua kelebihan itu dapat dilihat pada video yang diunggah oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi di Youtube untuk menggambarkan seperti apa berhaji di masa depan. Video tersebut dapat dilihat disini: https://youtu.be/gsvvaQBnsBLE.

Di dalam video tersebut menggambarkan kemudahan-kemudahan di masa depan dimana orang-orang Muslim yang ingin menjalankan ibadah Haji dapat mendaftar hanya lewat aplikasi handphone. Setelah pendaftaran, calon Haji akan dikirim paket yang terdiri dari kartu elektronik, jam elektronik, dan wireless earphone. Alat-alat pintar tersebut akan menjadi pemandu mereka selama di tanah suci.

Setibanya di tanah suci, mereka tidak perlu repot membawa bagasi, karena akan secara otomatis diantarkan ke kamar hotel tempat mereka menginap. Lalu, dengan memakai jam elektronik dan wireless earphone tersebut, para Haji dapat mengakses semua jadwal dan informasi tentang tempat-tempat yang harus dituju, mengetahui sudah berapa kali berputar di Ka'bah dan doa apa yang harus dibaca di titik-titik tertentu.

Menemukan saudara atau keluarga yang hilang di tengah-tengah keramaian pun akan menjadi lebih mudah karena dengan menggunakan alat-alat tersebut, lokasi mereka dapat dilacak melalui aplikasi handphone

Wireless earphone yang dipakai juga dapat digunakan sebagai penerjemah, jadi sudah tidak perlu takut akan batasan bahasa.