Berita Haji Terbaru

Arab Saudi Merayakan Hari Valentine

Hari Valentine di Arab Saudi. Sumber Foto: arabnews.com

Untuk pertama kalinya mulai tahun 2019 ini, tidak ada lagi sweeping atau larangan bagi toko-toko di Arab Saudi untuk menjual barang atau produk yang berhubungan dengan Hari Valentine. Ulama senior dan mantan Presiden Komisi untuk Promosi Kebaikan dan Pencegahan Kejahatan di Makkah yang bernama Sheikh Ahmed Qasim Al-Ghamdi mengumumkan di TV bahwa merayakan Hari Valentine tidak bertentangan dengan ajaran Islam dan merayakan cinta tidak terbatas kepada non-Muslim saja.

Harga Tiket dan Jadwal Kereta Haramain

Kereta Haramain yang menghubungkan Madinah dengan Makkah sehingga waktu tempuh antara kedua kota itu menjadi hanya 3 jam saja sudah beroperasi semenjak Oktober 2018. Berikut ini adalah informasi yang berguna jika kamu berencana untuk menggunakan kereta Haramain dalam perjalanan Umroh atau Haji kamu di Arab Saudi.

2 Warga Israel Diduga Akan Serang Jamaah Haji

2 orang keturunan Arab yang berkewarganegaraan Israel menjalani sidang di Arab Saudi dengan tuntutan merencanakan serangan teroris pada musim Haji 2018 nanti.

Belajar Sejarah Islam di Museum Makkah

Ketika datang ke kota Mekkah baik untuk Umrah maupun Haji, sempatkanlah mengunjungi Museum Makkah yang berada di Jalan Al Madinah Munawawrah untuk mengetahui dan mempelajari warisan kebudayaan yang kaya dari sejarah Islam dan juga sejarah kota Makkah, kota suci umat Islam, letak tempat yang paling disucikan dalam agama Islam berada, yaitu Ka'bah (Kaaba).

Kereta Super Cepat Antara Madinah dan Mekkah

Jalur kereta api cepat yang menghubungkan Mekkah dan Madinah rencananya akan dibuka pada bulan Maret 2018. Nama kereta api pada jalur tersebut adalah Haramain Express.

Wisata Islami di Arab Saudi

Kira-kira sekitar triwulan pertama pada tahun ini (2018), pemerintah Arab Saudi berencana akan menjalankan kampanye turisme dengan mengeluarkan visa turis yang bisa didapatkan oleh umat muslim dari seluruh dunia.

Biaya Haji Dan Umrah Akan Meningkat Di Tahun 2018

Biaya Haji dan Umrah akan naik lebih dari 5 persen di tahun 2018 setelah kebijakan baru untuk pajak harga dan energi diberlakukan di Arab Saudi pada awal bulan Januari 2018

Belanja Di Arab Saudi Akan Bebas Pajak Mulai Tahun 2018

Pengunjung ziarah Haji dan Umrah direncanakan akan dibebaskan dari PPN (Pajak Pertambahan Nilai) atau VAT (Value Added Tax) untuk pembelian produk yang akan dibawa balik ke negaranya, dengan cara reimburse atau digantikan uangnya sejumlah pajak yang dikenakan selama mereka berbelanja di Arab Saudi.

Porsi Haji Dapat Diwariskan

Mulai tahun 2018, Kementerian Agama merencanakan akan membuat aturan agar nomor porsi antrian Haji dapat diwariskan kepada ahli waris jika calon haji tersebut meninggal dunia.

Meskipun begitu, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) saat ini (ketika artikel ini dibuat) masih mengkaji regulasi dan aturan tentang penggantian porsi Haji milik calon Haji yang meninggal sebelum berangkat.

Larangan Selfie Di Masjid an-Nabawi dan al-Haram

Di pertengahan bulan November 2017, berita mengenai larangan selfie di dalam lingkungan Masjid an-Nabawi di Madinah dan Masjid al-Haram di Mekkah bersirkulasi di berbagai media berita online. Tetapi pengumuman resmi untuk publik yang berasal dari pemerintah Arab Saudi sendiri sepertinya tidak ada.